Saturday, February 7, 2009

Panduan Awal brmain Bersama Suku Romawi

Suku romawi
Dalam beberapa kesempatan banyak orang menyarankan menggunakan bangsa romawi untuk pemain baru. Tetapi dalam hal ini saya tidak melihat bahwa bangsa romawi lebih mudah dikendalikan atau dimanage. Bahkan sering terlihat bahwa yang memilih bangsa Romawi menjadi bahan atau target untuk di raid atau di fram. bukan berarti memilih Romawi dalah pilihan yang salah, tetapi dalam memainkan Romawi harus penuh perhitungan dan tidak boleh menjadi pemain pasif.

Pada saat bermain pertama kali, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengikuti petunjuk dari "guide" yang telah disediakan. dengan mengikuti "guide" ini maka anda akan mendapatkan imbalan berupa resource yang sangat berguna pada tahap awal ini karena produksi resource anda masih sangat sedikit. Dalam guide ini anda akan disuruh membangun bangunan utama sampai level 3, lumbung, gudang, pasar, titik temu, dan barak. Tetapi anda tidak perlu menyelesaikan seluruh guide ini. cukup pada petualangan ke 21 dan jangan membangun semua lahan sampai level 2, hal ini akan banyak membutuhkan resource. Anda dapat melakukan ini nanti.

Sebelum melangkah ke step selanjutnya mari kita coba lihat kekuatan prajurit Romawi. Untuk prajurit yang paling dasar pada Banga Romawi adalah legionnaire. Nilai serang 40, nilai bertahan infanteri 35 dan nilai bertahan pasukan berkuda 50. untuk pertahanan terhadap pasukan berkuda untuk tahap awal bisa dikatakan kurang berguna, dan nilai 35 untuk pertahanan melawan infanteri adalah cukup bagus. Memiliki nilai serang 40 adalah bagus setara dengan kekuatan Clubswinger milik Teuton. memiliki kecepatan yang lebih rendah dan daya angkut yang lebih sedikit juga dibading clubswinger bangsa Teuton. disamping itu harga legionnaire jauh lebih mahal dari Clubswinger, hal ini menandakan hindari sebisa mungkin berurusan dengan teuton, untuk diawal.

Untuk saat pertama kali bermain lebih baik anda low profile, sebisa mungkin hiindari kontak dengan teuton atau setidaknya jangan menarik perhatian Teuton. jika tidak maka mereka akan menyerang anda, sebisa mungkin jadilah pemain yang sangat aktif diawal ini, semakin banyak anda online semakin baik, buat sebisa mungkin resource anda selalu terpakai dan jangan sampai pasukan anda sampai terserang oleh Teuton, jika ada yang menyerang kirim pasukan keluar supaya tidak timbul korban di pihak anda. Teuton hanya akan sibuk untuk farming tanpa sadar bahwa anda telah membangun pasukan yang lebih besar. Pasukan anda terlalu berharga jika di korbankan diawal.

Yang menjadi tujuan awal dalam membangun bangsa Romawi adalah:
2 legionnaires
setelah anda memiliki 2 legionnaires maka mulailah melakukan farming, semakin sering semakin baik. tapi tetap lah berhati hati jangan sampai ada korban di pihak anda. Untuk langkah aman seranglah desa dengan populasi disekitar 15 dengan menggunakan 3 pasukan untuk menghindari kematian, lakukan terus menerus.Tetap bangun pasukan sebanyak mungkin, jangan sampai ada pasukan berada di desa anda setidaknya pada saat anda tidak online, jadi kirim terus pasukan untuk melakukan farm. walaupun pasukan anda cukup kuat dalam bertahan tetapi saat ini bukan waktunya berperang dengan megambil resiko kematian pada pasukan anda, terlalu banyak waktu yang terbuang nantinya. tetapi tetap low profile seolah olah anda adalah pemain dengan keaktifan yang rendah, upgrade bangunan sedikit saja tingkatkan jumlah pasukan. Ada bainya juga anda membangun caranny untuk berjaga jaga dari serangan musuh. lebih ekstrimnya bangun pasukan walau sampai produksi gandum negatif, asal anda terus aktif melakukan farming kebutuhan gandum akan terpenuhi.

100 legionnaires
mungkin terdengar terlalu berlebihan membuat 100 legionnaires diawal permainan. Disadari atau tidak kecepatan legionnaires tidaklah tinggi seperti teuton, sedangkan untuk mensupport pembangunan Els (Equites Imperatoris) anda buth resource yang sangat banyak. dan tentunya dibutuhkan hasil farm yang banyak pula. walau angka ini tidaklah mutlak tetapi pertimbangkan kebutuhan untuk membangun akademi dan istal untuk segera bisa membuat Els.

Sedikit saya jelaskan kenapa kok harus Els yang dibuat dan bukan imperian... menurut saya Els lebih efektif digunakan sebagai penghalau serangan khususnya dari teuton diawal pembanunan, serta untuk serangan balik menggunakan Els juga lebih efektif karena lebih kuat dan cepat. jika anda telah memiliki Els maka berbahagialah, ini lah saat yang tepat untuk menghancurkan Teuton disekitar anda. seranglah mereka berkali kali sehinga anda menjadi yang terkuat di area sekitar. Mungkin Teuton akan bersiap dengan spearman tetapi dengan membuat Spearman maka mereka akan kehilangan waktu untuk membangun pasukan serang karena saat ini mereka fokus untuk bertahan. sambil terus menggembosi kekuatan Teuton tetap lah melakukan kegiatan merampok desa yang lain.

20 Equites Imperatoris
sambil terus melakukan farming dan membuat Els lebih banyak, lakukan upgrade pada ladang dan biarkan untuk resource yang lain (kayu, liat dan besi) 2 sampai 3 level dibawah ladang. saat ladang sudah mencapai level 5 mulai kembangkan infrastruktur untuk membuat desa baru, yaitu dengan membangun kastil atau istana (untuk sementara saya sarankan kastil saja karena istana hanya bisa dibangun sekali dan hanya di ibukota).

100 equites imperatoris
Disaat mulai memperiapkan desa baru, setidaknya sudah ada sekitar 100 Els dan mungkin saat itu sudah cukup nilai kebudayaannya. untuk pengembangan desa kedua ini pilihlah tempat yg memiliki gandum paling banyak yaitu 15c. Saat sudah mendapatan desa kedua ini berhentilah membangun pasukan desa pertama dan mulailah membangun di desa kedua. disaat desa kedua ini telah terbentuk mulailah melakukan pengembangan imperians, memang untuk Legionnaires
tetap lakukan pengembangan tetapi mulailah befikir kalau imperians lebih efekti dibanding ligionnaires. rencanakan lah sebaik mungkin kondisi lokasi desa anda, musuh yang terdekat dan terkuat menjadi fokus pembangunan pasukan. terus tingkatkan jumlah pasukan anda dan jumlah desa anda. dan sebagai catatan juga jangan membuang sumberdaya untuk melakukan pengembangan pasukan equites caesaris, karena pasukan ini mahal dan kurang efektif diawal permainan, penggunaan equites caesaris lakukan nanti setelah anda melewati masa masa awal permainan.


0 donatur:

About This Blog

ini blognya yuda...!!!
lagi under construction!!

Blog Archive

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP