Thursday, November 13, 2008

Membangun Photobox Sendiri

photobox
Beberapa saaat yang lalu pernah booming layanan jasa cetak foto yang lebih dikeal dengan sebutan fotobox. sebenarnya cukup mudah untuk membuat layanan ini sendiri. yang perlu disiapkan juga tidak telalu susah untuk dicari.

persiapan pertama adalah ruangan untuk fotobox. ruangan yang perlu disiapkan tidaklah terlalu besar mungkin dengan ukuran 2 x 1 meter sudah cukup untuk dijadikan studio. jangan lupa untuk menempatkan lampu yang terang di semua sisi ruangan, hal ini berguna untuk menghilangkan adanya bayangan pada hasil foto. Mulai dari atas depan, atas belakang, samping atas kemudian kalau perlu dibawahpun diberi penerangan. untuk tambahan saja supaya tidak menyilaukan bisa sampunya diberi penutup kain putih tipis.

persiapan kedua adalah pemilihan background, banyak alternatif dalam memilih background, diantaranya bisa membeli background khusus yang memang diperuntukkan untuk studio. Tetapi mungkin agak merogoh kocek lebih dalam untuk membeli background ini. Bisa juga menggunakan kain sprei, anda bisa mencari di toko-toko kain banyak sekali pilihan, tinggal disesuaikan dengan selera. Dan tentunya jangan hanya membeli sebuah background saja, pilih beberapa sebagai pilihan konsumen. pilihlah cara untuk menempatkan background ini semudah mungkin untuk dibongkar pasang, jadi kita tidak akan kesulitan pada saat mengganti background.

persiapan yang ketiga adalah perangkat kamera yang terhubung dengan komputer. pertama tama pilih kamera dengan fasilitas remote, jadi dari manapun bisa diremote. kalau saya dulu memilih yang bisa diremote dari komputer dan data langsung disimpan di komputer. kamera terhubung melalui port USB komputer. kemudian untuk fasilitas remote bisa menggunakan mouse, kalau pengalaman saya mouse ini saya modifikasi sehingga bisa diinjak jadi kalau dirasa pose sudah pas tinggal injak mouse nya (jangan keras-kerang nginjaknya), dan gambar pose langsung terabadikan.

Persiapan yang terakhir adalah perlengkapan cetak, bisa menggunakan printer biasa yang ada di pasaran, mulai dari epson, canon, HP atau merk printer yang lain. Masing masing memiliki kelebihan sendiri-sendiri tetapi saya sarankan untuk bisa memakai printer yang bisa dimodifikasi tangki tintanya. Anda bisa memakai printer yang memiliki 4 tinta (Cyan, Magenta, Yellow, blacK) atau 6 tinta (Cyan, Light Cyan, Magenta, Light Magenta, Yellow, blacK) atau menggunakan yang lebih banyak tintanya, hasil akan lebih bagus dan lebih cepat proses printingnya. Kemudian untuk kertas cari saja kertas glossy sudah banyak dijual bebas. Ada setidaknya dua jenis kertas yang dipakai glossy dan doft. Atau untuk alternatif yang lebih murah dan untuk memperingan kerja roller printer bisa dipakai kertas Inkjet, dengan dilaminating setelah proses printing.

Untuk menambahkan layanan anda bisa juga membuat hasil foto ini menjadi PIN, Kalender, Gantunga Kunci, ID card dan sebagainya. [aixibi]

0 donatur:

About This Blog

ini blognya yuda...!!!
lagi under construction!!

Blog Archive

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP